Mitos Peter Answer Nyata atau?????


Peter, please answer the following question.
~ Peter Answers’ Petition Box

Jadi, kemarin saya sempat mengunjungi situs bernama “Peter Answers”.


Seperti yang diungkapkan di Kolom informasi, jawabannya akan dijawab oleh Saudara Peter sendiri. Dan ada pernyataan sebagaimana terbilang, “If the answer is not what you expected, at least you make catharsis and ask again.” Apabila pertanyaan kita agak ngawur, tidak ada spiritual sense, Saudara Peter tidak akan menjawab, malah akan memaki – maki anda dengan perkataan “Your question is lacks of spiritual sense !”. Dengan embel – embel “Virtual Tarot”, berbau astrologi dan sebagainya.


Mengapa saya ke sana ? Selain daripada artikel dari Petra, ternyata banyak daripada anak – anak sekolah saya mempercayai fenomena tersebut ! (Meski kebanyakan juga ada yang hanya sekedar kunjungan iseng) Tambah lagi, saya sedang dalam masa senang – senang, sehingga tidak ada salahnya meneliti satu atau dua fakta dari situs

Peter Answers.


Maka, mari kita meneliti.


1. Hipotesa


Apabila ada bahasa – bahasa yang salah, mohon dimaklumi.


Sekarang, anggaplah saya seorang hacker (meski sebenarnya saya bukan. Namanya saja sudah “anggaplah”).


Commentator : “Berarti bahasa situ akan terdengar seperti bahasa pemrograman, dong ?
Ellinsworth : “Nggak. Soalnya saya bukan Hacker. Tambah, saya juga tidak menguasai bahasa C++.


Pertama, tentunya saya tidak akan mempercayai kalau Peter benar – benar menyihir komputer anda. Meski yang saya ketahui, dia itu paranormal, tukang gaib, dan lain – lain. Yang saya yakini apabila ada script yang bermain di belakang layar. Script di sini bukan seperti script drama untuk layar lebar, melainkan script yang bertugas menentukan kebiasaan (behaviour) dari suatu website. Jadi, kalau anda sedang mengunjungi situs yang dimaksud lalu tidak bisa mengetik kata selain “Peter, please answer the following question :”, itu bukan salah browsernya, apalagi kalau anda menuding si Peter telah menyihir keyboard anda. Salah, salah. (Ah, padahal saya berhasil mengetikkan kata “Bismillah” di sana. Ternyata nggak susah – susah amat, tuh ? :roll: )



Kedua, pastinya tidak mungkin bagi seorang Peter untuk menjawab banyak pertanyaan dari banyak orang. Penduduk di dunia ini mungkin ada beberapa belas Milyar, dan beberapa puluh persen diantaranya sudah melek internet. Apabila, taruhlah, 1/3 dari orang yang mengakses internet dengan isengnya mengunjungi situs Peter Answers, pastinya tidak mungkin dijawab satu – satu ?


Sekarang bagaiamana apabila skenarionya (Euh, Logika Aplikasinya) seperti ini: Terdapat sebuah Gudang Data yang menyimpan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan terkait. Sehingga apabila dihitung – hitung, kemungkinan jawaban yang sama akan didapat. Mungkin konsep seperti itu dianut juga oleh Peter Answers. (Hipotesa saya ini kurang lebih sama dengan hipotesa S’tomengenai Kuis Microsoft Server 2003 4 tahun lalu)



Hei, apa maksudmu dengan ‘jawaban dari pertanyaan – pertanyaan terkait’ ?”


Sebelum itu, kita tentunya mengerti, pertanyaan dari user haruslah berbahasa Inggris (Atau dari bahasa yang disediakan). Sehingga apabila kita menanyakan dengan Bahasa selain yang ada, akan memunculkan kemungkinan jawaban yang ngawur. Dengan membunuh kemungkinan penggunaan multibahasa, setidaknya pemberian jawaban dari Gudang Data akan lebih mudah. Seharusnya anda mengerti dari apa yang saya bicarakan.



2. Percobaan


Tentunya dengan niat yang baik saya memulai percobaan ini. Pertama, saya menyimpan dokumen HTML (beserta images dan script-nya). Kemudian, saya bukan Browser yang ada di HDD Komputer saya tanpa koneksi internet.



a. Eksistensi Bank Data [Hipotesa Kedua]


Sebagaimana anda ketahui apabila anda tidak bisa mengetikkan kata selain “Peter, please answer the following question:”. OK, kita kesampingkan dulu masalah tersebut. Saya mengetikkan petisi sebagaimana yang dimaksud dan mengisi pertanyaannya. Saat saya mengetik tanda ‘?’, tertulis instruksi “No Connection”.


Tentunya ada 2 kemungkinan. Pertama, si Peter harus berinteraksi dengan anda menggunakan internet agar jawabannya datang kepada kita. Mengingat hipotesa saya yang kedua tadi, maka tentunya saya akan kesampingkan kemungkinan ini. Yang lebih tepat adalah kemungkinan dua; Dimana jawaban tersebut harus diambil dari bank Data yang bersangkutan untuk dicari kemungkinan jawabannya. :roll:


Berarti Eksistensi bank Data itu jelas ada. OK, check.


b. Sihir dalam Keyboard ? [Hipotesa Pertama]


Tentunya anda akan merasakan kejanggalan begitu mengetahui bahwa anda tidak bisa mengetik secara normal di bagian Petition dan Question.



Semisal, fungsi Ctrl+C yang dihilangkan, Ataupun penggunaan tanda titik yang ternyata…Ya, anda tidak salah. Coba anda tekan tanda titik di bagian Petition, Apakah yang akan keluar ? “Peter, please answer the following question:”. Lucu ? Bagaimana kalau saya mengatakan bahwa itulah script yang dimaksud ?


Untuk meyakinkan saya apabila itu benar adanya, saya membuka file urchin00.js, yang saya temukan ketika saya menyimpan dokumen HTML. Mengapa file itu ? Karena saya tidak melihat ada script perubah huruf yang saya harapkan dalam file lain. Dalam file tersebut, saya menemukan :


……


var c=new Array(’A’,’B’,’C’,’D’,’E’,’F’,’G’,’H’,’J’,’K’,’L’,’M’,’N’,’P’,’R’,’S’,’T’,’U’,’V’,’W’,’X’,’Y’,’Z’,’1’,’2’,’3’,’4’,’5’,’6’,’7’,’8’,’9’); return c[r>>28&m]+c[r>>23&m]+c[r>>18&m]+c[r>>13&m]+”-”+c[r>>8&m]+c[r>>3&m]+c[((r&7)<<2)+(t>>30&3)]+c[t>>25&m]+c[t>>20&m]+”-”+c[t>>15&m]+c[t>>10&m]+c[t>>5&m]+c[t&m];



……


Mungkin bukan ini fungsi yang dimaksud, terutama bagi anda – anda yang sudah melihat jauh kedepan. Tetapi sampai tulisan ini dibuat, inilah script perubah hurufnya. ;)


Lagipula, apabila anda masih percaya bahwa ini adalah sihir, coba cek lagi. Saya juga menemukan ini.


//– Google Analytics Urchin Module


//– Copyright 2007 Google, All Rights Reserved.


Masa Sihir harus berkooperasi dengan Google yang besar itu ? :lol:



OK, check.


————————————————————————————


Mungkin sekarang anda masih bingung, apa maksud saya dengan semena – mena menghancurkan usaha orang (Mengingat di sana ada Google Adsense, jadi bisa dibilang usaha :roll: ). Sebenarnya maksud saya bukan begitu.


Jadi begini, kalau anak muda bilang, “Sekarang ‘kan jamannya informasi ! Ngapain percaya takhayul begituan !?” Maksud saya adalah, tidak perlu mengait – ngaitkan suatu keanehan dalam dunia internet dengan sihir, astrologi, dan sebagainya. Tanpa maksud mengurangi rasa hormat kepada pembuat situs “Peter Answers”, saya memberi wejangan bahwa jangan percaya pada penipu ! Ya, sebagaimana anda tahu bahwa saya juga pernah mengatakan bahwa tak ada yang tahu siapa anda di internet, kurang lebih maknanya sama.


Banyak penipu berseliweran di jagat internet ini, apabila anda masih percaya dengan tipuannya, saya kira tidak siap dengan posisi anda sebagai orang yang melek internet. Semua yang ada di internet ini sudah sepantasnya logis. Apabila suatu hari nanti anda menemukan situs – situs sekelas “Peter Answers”, janganlah langsung percaya. Biasanya itu adalah sebuah permainan script yang dibuat oleh kreator untuk menipu orang.


Sesi Hacking selesai. :P



spyyudhaz

Tulisan Terkait

Comments :

0 comments to “Mitos Peter Answer Nyata atau?????”


Posting Komentar

Terima kasih kepada para sahabat yang telah membaca artikel jaiman ini, komentar dan saran sahabat sangat berharga bagi jaiman. Semoga komentar sahabat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.....