Dasar Pemrograman PHP



PHP merupakan kependekan dari kata Hypertext Prepocessor.PHP tergolong sebagai perangkat lunak open source yang diatur dalam aturan general purpose licences (GPL).
Pemrograman PHP sangat cocok dikembangkan dalam lingkungan web, karena PHP bisa dilekatkan pada script HTML atau sebaliknya. PHP dikhususkan untuk pengembangan web dinamis. Maksudnya, PHP mampu menghasilkan website yang secara terus menerushasilnya bisa berubah-ubah sesuai dengan pola yang diberikan. Hal tersebut tergantung pada permintaan client browser-nya (bisa menggunakan browser Opera, Internet Explorer, Mozzila dan lain-lain). Pada umumnya, pembuatan web dinamis berhubungan erat dengan data base sebagai sumber data yang ditampilkan.
PHP tergolong juga sebagai bahasa pemrograman yang bersifat server (server side scripting). Ini berarti bahwa semua script PHP diletakkan di server dan diterjemahkan oleh webserver terlebih dahulu, kemudian hasil terjemahan itu dikirim ke browser client. Tentu hal tersebut berbeda dengan Javascript. Kode program javascript harus didownload terlebih dahulu di komputer client, selanjutnya diterjemahkan oleh browse internet. Mangkanya kemaren blog Story of Jaiman ini lemot gara2 ne kale yach???? wkwkwkwk... Oleh karena itu, kode program Javascript selalu tampak dihalaman web bersangkutan, jika dilakukan penyimpanan terhadap file web.
Secara tekhnologi, bahasa pemrograman PHP memiliki kesamaan dengan bahasa ASP (Active Server Page), Cold Fusion, JSP (Java Server Page), ataupn Perl.

spyyudhaz

Tulisan Terkait

Comments :

1

iya bener bgt

ramuni.net mengatakan...
on 

Posting Komentar

Terima kasih kepada para sahabat yang telah membaca artikel jaiman ini, komentar dan saran sahabat sangat berharga bagi jaiman. Semoga komentar sahabat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.....